Sweden Halal Life #1 : Tips Belanja di Lund

Tas yang dapet dari Lund University malah dipake buat belanja :)). Karena tak nyaman bawa laptop pakai tas tsb haha.

Ibnu Abbas berkata bahwa Sa’ad bin Abi Waqash berkata kepada Nabi Muhammad SAW, “ Ya Rasulullah, doakanlah aku agar menjadi orang yang dikabulkan doa-doanya oleh Allah”. Maka berkata Rasulullah pun bersabda, “Wahai Sa’ad perbaikilah makananmu (makanlah makanan yang halal) niscaya engkau akan menjadi orang yang selalu dikabulkan doanya. Dan demi jiwaku yang ada di tangan-Nya sungguh jika ada seseorang yang memasukkan makanan haram ke dalam perutnya, maka tidak akan diterima amalnya selama 40 hari dan seorang hamba yang dagingnya tumbuh dari hasil menipu dan riba, maka neraka lebih layak untuknya” (HR. At-Thabrani)

Tulisan ini pada akhirnya saya tulis berangkat dari kegelisahan di dalam diri pasca beberapa minggu kemarin mengikuti kajian Tafsir dari Syaikh Imam Ali di Islamic Center. Setiap hari sabtu ba’da ashar, hingga maghrib, beliau selalu membuka kajian tafsir. Kebetulan kemarin membahas Surat Hud ayat 71 – 83 yang mengisahkan tentang Nabi Ibrahim dan Nabi Luth.

Singkat cerita pembahasan kami sampailah mengakar bahwa penyebab aneka macam penyimpangan saat ini salah satu faktornya adalah makanan.

“Today we are so surprised that many children can grow significantly, like adult. One of the root cause is their food. They buy instant food, junk food chicken, which is injected by hormone. Take an example of chicken, many businessman do this. I ever went to Denmark, and saw how the company raise chicken. They made it larger and contained lot of meat just in a few months. Moreover, for sheep, I also saw that they raise it by harming it. They put the sheep into very small rooms, like a small box since they child, and give the sheep a lot of food, also inject them by hormone. The sheep even can’t move, and just sit in the box. They said with that method, the sheep will full of lamb, and grow very fast. Masha Allah…They don’t care about the dangerous in human, they just think money, money, and money.

– Brother Abdurrakhim & Syaikh Imam Ali.

Tinggal di negeri yang jarang ada label halal, membuat kita harus ekstra hati-hati. Maka setelah observasi kurang lebih dari sebulan berikut ini tips dari saya untuk menjaga diri ini 🙂 Saya bagi tulisan saya ini ke tiga bagian terpisah. Pertama soal tips belanja, kedua soal tips masak di dapur sharing, dan ketiga soal tips beli makanan. Untuk daerah lain Malmo, Helsingborg, nunggu ane survey langsung ke sana aja ya wkwk :).

Oke kita masuk ke bagian pertama : tips belanja. Pada dasarnya kuliah di Lund tidak terlalu sulit mencari tempat belanja yang halal. Sebab, hampir semua toko lokasinya di Central, jadi sangat accessible.

1. Beli di Toko Arab

Di Lund ada beberapa toko Arab jika teman-teman ke central di situ ada dua toko halal yang sejauh ini saya tahu. Selain itu juga ada di Islamic Center Lund, juga ada toko daging halal.

– Lunda Livs.

Lunda Livs

Sumber : Crop Google Maps, karena bagian jalan depannya sekarang lagi di renovasi hehe, jadi fotonya ntar jelek :))

Lokasinya tepat di sebelah Domino Pizza dan Erikshjälpen. Toko ini menjual seperti buah-buahan, sayuran, telur. bumbu masakan arab, saus, dst. Ada beberapa merk di sini yang tidak ada logo halal-nya, tapi sudah di notice sama pemilik toko bahwa merk tersebut halal. Sehingga bisa dijadikan referensi untuk membeli produk tersebut ketika misal berada di supermarket. Untuk daging, di sini adanya daging frozen, tidak ada daging segar.

Oh ya satu hal yang saya suka di sini beberapa jenis sayur, buah, dan kentangnya lebih murah dari di supermarket. Walaupun kualitasnya mungkin di bawahnya, ya tapi yang penting murah :)) Dan juga ada….. Indomie :3

Lunda Livs
Stora Södergatan 21, 222 23 Lund
073-908 43 06

Karaami AB

karaami

Tampak Depan Karaami

Kalau ini lokasinya yang di Islamic Center (dekat housing aku nih :3). Nah, jika teman-teman ingin membeli daging segar, maka di sinilah tempatnya. Ada daging sapi, daging ayam, dan daging domba. Ikan-ikanan juga ada. Harganya juga ya 11 – 12 lah sama di Indonesia.

karaami brosur

Brosur Karaami dan aneka macam daging yang dijual di situ 🙂

Aneka bumbu dan makanan juga ada di situ. INDOMIE JUGA ADA LHOOOH WKWK. *tapi micinnya nggak kerasa kayak di Indonesia :(*. Harganya 15kr dapat 5 bungkus. 3kr = sekitar 5ribu rupiah.

Karaami AB
Åldermansgatan 14, 227 64 Lund
073-939 53 73

– Botulfs Livs AB

Ini juga toko Arab, tapi lebih besar dan lebih lengkap dari Lunda Livs. Harganya 11-12 lah walaupun ada yang lebih murah. Lokasinya dekat halte Bus Botulfplatsen, di daerah Central. Tidak jauh juga dari Lunda Livs.

Botulf Livs AB
Västra Mårtensgatan 6B, 223 51 Lund
072-766 65 35

2. Belanja di Supermarket / Toko lain.

Di Swedia banyak sekali supermarket yang terkenal seperti ICA, Willys, Netto, Lidl, Coop, dst. Namun saya terbiasa membeli di Netto, Lidl, dan Willys karena ketiganya adalah termurah dibandingkan yang lainnya. Secara terlengkap jika diurutkan yang paling lengkap adalah Willys, kemudian Lidl, dan terakhir adalah Netto. Untuk harga, sering-sering cek katalog online aja (bisa download aplikasi android tiendeo, atau ke website-nya) karena di situ setiap mingguny ada diskon dan kadang murahnya juga ngalahin di Indo hehe 🙂 . Nah, tapi mostly produk di swedia ga ada logo halalnya. Trus gimana dong? Tenang ini saya punya beberapa tips -nya.

– Gunakan merk produk yang ada di Toko Arab
Nah, ini cara paling simpel adalah saat saya datang ke Toko Arab, saya catat merk-merk yang ada di situ, dan saya tetap melihat ingredients-nya untuk benar-benar memastikan jika itu merupakan produk halal. Dari refernsi merk yang ada di situ, baru saya berani memastikan bahwa produk tersebut halal.

– Jangan beli daging jika tidak ada logo halal
Ingat teman-teman! Bahwa persoalan halal bukan hanya pada zat-nya itu sendiri, tapi bagaimana cara menyembelihnya, dan siapa juga yang menyembelih. Tidak bisa sembarangan kita beli pizza daging sapi, atau daging ayam di supermarket yang siap dimasak, tapi ga ada logo halalnya. Iya, memang itu tidak mengandung babi dan lain sebagainya. Namun, apakah hewan tersebut disembelih dengan menyebut nama Allah?

Nah, di Willys ada freezer tersendiri yang menyediakan produk khusus halal. Ini juga yang harus diperhatikan ya guys, sekalipun ada logo halal, tapi jika menyimpannya bercampur dengan produk daging yang tidak halal, nah jadi statusnya bisa dipertanyakan, karena ini daging yang sifatnya zat-nya bisa saja bercampur (kecuali makanan kemasan yang bener-bener rapat ya).

Biasanya produk dagingnya merk-nya berlogo arab, atau ada logo Halal-nya. Untungya di sini dipisah freezer-nya, dan di situ adanya aneka daging frozen seperti domba, sapi, dan ayam. Juga ada daging kebab, daging burger, sosis, dst.

– Cek pakai Aplikasi Halal.

halal app

Nah, ini yang benar-benar harus teliti dan jeli. Produk di supermarket harus di cek satu per satu ingredientsnya. Di bagian belakang selalu ada kode-kode “E”. Ini silahkan dicari lewat aplikasi ini. Jangan beli yang misbah (subhat) apalagi yang haram ya :). Oh ya satu lagi, untuk “gelatin” seringkali ga ada kode-nya, tapi tertulis “gluten” dan macamnya banyak. Jika Vetegluten, maka itu dari gandum dan aman, tapi jika ada gluten-gluten yang lainnya coba minta tolong mbah google translate untuk menerjemahkan, dikhawatirkan dari protein babi dst nya.

– Waspadai tiap beli Roti yang non kemasan tidak ada ingredientsnya
Nah, ini juga harus berhati-hati. Kalau ingin beli roti-roti sebaiknya di toko arab, tapi di supermarket juga ada roti yang biasanya baguette panjang itu dijual. Untuk di ICA, saya di etalase-nya ada tertulis ingredientsnya dan kita bisa cek apa saja kandungan rotinya. Tapi di supermarket lain setahu saya tidak ada. Bisa saja bercampur dengan alkohol bahan-bahannya, atau gluten, atau yang lainnya.

Oke teman-teman sekian dulu. Maaf 2 minggu terakhir off tulisan 😦 karena bener-bener padat tugas. Ini juga nyempat-nyempatin. Next insya Allah akan saya bahas mengenai tips masak di dapur corridor (dapur sharing, tentu saja banyak non muslim yang masak babi di sini), dan tips serta tempat resto halal di Lund 🙂 .

Vildanden,
12 Oktober 2018

Categories: Halal Trip, Uncategorized | Tags: , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: