24

Menanti seringkali terasa lama. Menjalani seringkali terasa cepat, bahkan kurang. Di sinilah barangkali kesemuan waktu yang tak jarang kita rasakan. Ada fase di mana kita begitu menginginkan sesuatu, sehingga membuat waktu seakan berjalan lambat. Ada fase di mana kita membutuhkan banyak waktu, lantas justru tanpa terasa waktu itu telah datang.

Barangkali sebab itulah Allah bersumpah atas waktu. Pada waktu yang semu kita dimintaNya memanfaatkan sebaik mungkin. Sekalipun justru hampir setiap  tahun, ada saja waktu yang bila dimuhasabahi, adalah sebuah kesia-siaan. Lantas penyesalan datang, atas rencana-rencana yang bukannya tak sempat terlaksana, justru kita sendiri yang membuatnya tak terlaksana. Walaupun tentu saja ada campur tanganNya terhadap segala peristiwa-peristiwa yang ada.

Hari ini, izinkan diri ini me-refleksi. Genap sudah 24 tahun diri ini menginjakkan kaki di bumi. Ada rasa syukur yang senantiasa harus dipanjatkan mengingat masih diberikan olehNya kesempatan untuk mereguk udara kehidupan. Ada rasa sesal manakala mengingat pencapaian duniawi dan ukhrawi masih jauh dari harapan. Ada pula rasa harap akan mimpi-mimpi ke depan. Hingga resolusi untuk segera menyempurnakan, walau tetap sajalah Allah sebaik-baik perencana kehidupan.

Maaf. Barangkali kata ini yang ingin terucap di awal atas segala kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan. Terima Kasih. Kata ini pun terucap selanjutnya atas segala bantuan selama kehidupan. Papa dan Mama, dua orang yang senantiasa terucap dalam doa yang andai tanpa mereka, takkan pernah terlahir diri yang begitu hina ini ke dunia. Doa. Kata terakhir yang ingin terucap, sebagai penanda bahwa kita adalah hambaNya yang tak berdaya. Maka jangan lelah memanjatkan doa. Jangan lelah berikhtiar. Jangan lelah berjuang. Sebab perjuangan baru boleh berhenti ketika kita menginjak kaki di Surga.

Categories: Journey | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: