Tips & Trik Belajar IELTS (3) : Reading

Jumpa lagi dengan saya netijen tumblr, semoga ga bosan yah wkwk. Setelah sebelumnya saya membahas soal material ielts di sini, serta tips listening di sini, maka selanjutnya saya ingin membahas mengenai Reading di IELTS. Section yang membuat mata harus terbelalak karena bacaan panjang, otak harus kerja keras buat nyari jawaban, dan hati harus tenang karena waktunya singkat #apasih. Oke langsung aja saya jelasin dulu sekilas.

IELTS READING SECTION

Overview Reading

Bagian reading test terdiri dari 3 section. Setiap section ada satu bacaan dengan total soal 40 soal. Panjang bacaan sekitar 1500 – 2750 kata, dan dikerjakan dalam waktu 60 menit. Seperti listening, semakin ke belakang, maka tingkat kesulitan soal semakin sulit. Tipe soal ada beberapa yaitu :

  1. True, False, or Not Given : Terdapat beberapa pernyataan. Di situ kamu memilih pernyataan benar atau salah, atau tidak ada dalam bacaan. Hati-hati di sini yagn seringkali miss adalah antara False atau Not Given. Jawaban dikatakan benar jika pernyataan tersebut ada di bacaan dan benar apa adanya. Jawaban dikatakan salah, jika pernyataan tersebut bertolak belakang dengan di bacaan. Jadi, di bacaan harus atau wajib ada pernyataan yang berlawanan atau menolak pernyataan di pilihan jawaban tersebut. Jika benar-benar tidak ada, baru Not Given. Artinya tidak ada satu pun pernyataan tersebut yang ada di bacaan.
  2. Yes, No, or Not Given : Ini secara overall sama dengan true-false-not given. Hanya saja lebih susah. Karena apa ? Karena di soal tipe ini kita harus paham keinginan atau idea dari penulis bacaaan. Jadi istilahnya lebih dalam lagi. Apakah pernyataan itu sejalan dengan ide penulis di bacaan, atau berlawanan, atau malah ga ada ? Ingat seperti tips di atas, jika memilih Not Given, maka memang harus benar-benar tidak ada. Jika false, maka harus ada yang meng-counter pernyataan tersebut di bacaan.
  3. Soal isian jawaban singkat. Sama dengan di listening, namun biasanya ada box yang berisikan pilihan jawaban.
  4. Pilihan ganda : kalau ini mah tinggal pilih aja mana yang benar hehe.
  5. Mencocokkan topic paragraf dengan box pilihan yang ada. Jadi kamu disuruh memilih paragraph ini topiknya apa sesuai dengan topic yang tersedia.
  6. Mencocokkan informasi bacaan.
  7. Mencocokan kalimat.
  8. Melengkapi formulir / pesan / tabel / flowchart / ringkasan.
  9. Memberi label  plan / peta / diagram labeling
  10. Menjawab pertanyaan singkat.

Ada lagi ga yak, perasaan udah itu aja hehe

Important Skill :Skimming & Scanning Reading.
Teknik membaca cepat wajib kamu miliki.

Pertama adalah Skimming, fungsinya adalah kamu menemukan topik dari paragraf tersebut. Membaca skimming dilakukan secara cepat di awal ketika kamu akan mengerjakan soal tersebut. Jadi, di situ kamu tujuannya paling tidak mengerti overall bacaannya itu bercerita tentang apa sih.

Kedua adalah Scanning, nah, ini baru berfungsi setelah kamu membaca soalnya. Cari keywords di soal yang dimaksud, lalu segera cari kata-kata yang dimaksud di soal.

Tips dan Trik

  1. Sama seperti tips listening kamu haru memperhatikan perintah atau instruksi soal terlebih dahulu. Kali ini kesalahan yang sering terjadi adalah kita kurang teliti soalnya mintanya Yes, No, atau Not Given, eh ternyata kita jawabnya “TRUE”. Yaah, sayang sekali kalau sampai salah seperti itu. Kadang juga sebaliknya. Pun ketika fill the blank, lihat instruksi jumlah kata yang diminta soal.
  2. Ketika sedang belajar reading, highlight atau garisbawahi kata-kata yang sulit. Kemudian saya mempunyai buku notes kecil yang berisi catatan saya tentang kata-kata yang sulit tersebut. beserta artinya, juga sedikit penjelasan collocation dan level katanya (B1, C1, atau C2). Selain menambah perbendaharaan kosakatamu, biasanya kata-kata yang digunakan dalam bacaan IELTS seminimal-minimalnya level B2 (band 6.5). Sehingga daripada bingung mencari kosakata susah, ya udah sambil menyelam minum air aja.
  3. Jangan terpaku di satu soal terlalu lama. Ini yang harus diwaspadai. Saya dulu membatasi satu bacaan maksimal 20 menit. Jika tidak bisa menjawab semua soalnya, saya segera beralih ke section selanjutnya. Bahkan idealnya menurut beberapa tutor saya di Pare, bacaan section 1 itu cukup 15 menit, bacaan section 2 itu 20 menit, sedangkan section 3 adalah 25 menit, karena biasanya paling susah. Tapi jangan jadikan itu sebagai patokan ya 🙂 . Bisa saja pola soal IELTS berbeda.
  4. Saat membaca skimming di awal, beri tanda setiap 5 baris. Misal baris ke-5, 10, 15, dst. Hal itu untuk memudahkan kamu ketika mengerjakan soal. Misalnya beberapa soal kadang bertanya di line ke sekian artinya apa, dst. Akan sangat wasting time ketika kamu tak menandai dan beberapa soal modelnya ternyata seperti itu.
  5. Pelajari Sinonim. Ini yang berkaitan dengan yang saya sebutkan di atas paraphrase. Umumnya di soal tidak akan disebutkan kata-katanya. Misal di soal ada kata-kata “positive impact” tapi di bacaan adanya “advantages”. Nah keduanya kan bermakna sama.
  6. Negative Sentences ! Hati-hati, ini salah satu jebakan di reading. Kelihatannya itu true, tapi kok mengandung sense of negatif, bisa-bisa itu false.
  7. Pertanyaan biasanya mengikuti urutan teks, jadi jika ada pertanyaan ke 7 kamu nggak nemu jawabannya, lalu ada pertanyaan ke 8 kamu nemu jawabannya, berarti jawaban pertanyaan ketujuh di bacaan itu pasti sebelum jawaban pertanyaan ke 8.
  8. Ide Pokok Wajib Mengetahui. Hal ini untuk memudahkan kamu menjawab soalnya.

Hal lain yang penting adalah jangan lupa mengisi lembar jawabannya, jangan menunggu selesai semua baru memindah jawaban Untuk reading No Additional Time untuk memindah jawaban dari soal ke lembar jawaban. Jangan sampai ketika waktu habis kamu masih menulis, maka bisa langsung di disc. IELTS sadiss broo peraturannya, yang jaga juga ketat biasanya. Jadi, ketika kamu sudah yakin, isi aja lembar jawabannya.

Oke, sekian dulu tips ala-ala dari saya untuk belajar dan mengerjakan reading IELTS. Selanjutnya nanti akan saya bahas writing dan speaking di tulisan yang terpisah, karena penjelasan masing-masing cukup panjang 🙂

Semoga bermanfaat, silahkan disebarkan ke teman-teman yang sedang mengejar IELTS juga beasiswanya 😀

Categories: IELTS | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: