Doa

Dan Rabbmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina“. (QS. Ghafir: 60)

Kekuatan yang barangkali seringkali kita lalaikan. Padahal ia tak terukur. Bahkan bisa saja keberhasilan kita hari ini karena doa doa orang tua dan kawan kawan kita. Bukan doa kita sendiri, yang banyak berlumur dosa.

Tentu saja ini tak sama dengan mengemis. Atau sekedar meminta minta. Semakin banyak doa yang kita panjatkan justru semakin menunjukkan ketidakberdayaan kita di hadapanNya. Semakin kita merasa rendah diri di hadapanNya. Serta dan semoga menjadikan diri ini tak sombong di hadapanNya.

Maka mintalah doa kepada siapa pun. Setiap bersilaturrahmi, bertemu kawan lama, bahkan sekalipun pada pengemis yang kau temui di pinggir jalan. Kita takkan pernah tahu doa siapa yang pada akhirnya menembus angkasa hingga Allah mengabulkanNya.

Jika berhasil tetaplah berdoa. Jangan lalai, karena pastilah ada kegagalan yang sedang mengintipmu, bahkan sudah siap menjatuhkan keberhasilanmu yang susah payah kau raih.

Jika gagal, di sinilah kau pun diuji akan kecintaan kepadaNya. Apakah kamu tetap berdoa atau justru berpaling dariNya. Bahkan bisa saja kau menyalahkannya.

Karena doa sesungguhnya adalah penanda ketidakberdayaan kita atas KuasaNya.

Jakarta, 6 Januari 2017

Categories: Renungan | Tags: , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: