Mengapa Khawatir?

“…… dan tidak satu pun makhluk bergerak di bumi melainkan dijamin Allah rezekinya” (Surah Hud, ayat 6).

Ada banyak kekhawatiran yang seringkali muncul dalam angan. Entah itu kekhawatiran yang sebenarnya atau malah hanya semu belaka. Entah yang benar benar akan terjadi atau bahkan yang nyaris tak mungkin terjadi.

Tentu saja hal itu manusiawi. Sebab bukankah kita hanya makhlukNya yang tak berdaya? Kita takkan bisa berbuat apa apa kecuali atas pertolonganNya. Namun justru seringkali kekhawatiran itu berujung pada melupakanNya.

Kita khawatir akan masa depan. Padahal kita telah bekerja keras sembari berikhtiar kepadaNya. Kita khawatir akan ujian esok hari, padahal Allah takkan pernah memberikan ujian melebih batas kemampuan hambaNya. Kita bahkan sering khawatir akan kegagalan dalam perjuangan panjang. Padahal bukankah kegagalan adalah jawaban terbaik dariNya atas doa kita yang menginginkan memperoleh hasil yang terbaik?

Hingga pada akhirnya banyak sekali kekhawatiran yang sebenarnya tak berujung. Kekhawatiran yang sebenarnya telah Allah jamin dalam ayat ayatNya.

Pernahkah kita khawatir jika saja esok kematian menjemput kita? Jika pernah, manakah yang lebih sering antara khawatir akan kematian atau akan gaji kita esok? Justru di sinilah kita harus khawatir manakala urusan duniawi kita jauh lebih merasa khawatir.

Maka khawatirlah. Jika ternyata Allah mencabut nafas ini dalam sepersekian detik lagi. Khawatirlah jika ternyata amal ibadahmu kan hangus hanya karena setitik dosamu. Khawatirlah jika kamu masih memiki orang tua, lantas kamu ternyata masih belum mampu bahagiakan mereka hingga saat ini.

Khawatirlah. Pada urusan akhirat yang sering kau tinggalkan. Sementara duniawi kau utamakan.

Jakarta, 24 Oktober 2017

– @faizunaa –

Categories: Renungan | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: