Nasab yang Baik

“Bagaimana Keluarganya?”

Pertanyaan yang sama seringkali terlontar saat menyebut sebuah nama. Baik dari ayah maupun ibu. Bahkan untuk hal ini seakan mereka ingin jauh lebih tau dari aspek lainnya. Bukan berarti mengecilkan kriteria yang lain, atau bahkan menganggap tidak penting. Namun seiring berjalannya waktu pada akhirnya saya paham tentang kekhawatiran mereka. Bukan khawatir sebenarnya. Hanya saja memastikan agar ke depan saya tak akan mengalami kesulitan yang berarti.

Bahkan tak jarang mereka menelusuri jauh dari yang dipikirkan. Menggunakan cara-cara yang bahkan tak pernah terbayangkan sebelumnya. Bertanya sana-sini, menyelidiki lebih jauh tentang asal-usul, ibadah, pemahaman agama, kebiasaan sehari-hari, dan lainnya. Tentu saja dengan tetap menjaga kerahasiaan.

Seiring berjalannya waktu pada akhirnya saya memahami. Bahwa mereka telah mempercayakan  untuk masalah lainnya. Masalah pemahaman agamanya, kecantikan, kecerdasan, dan aspek-aspek yang lainnya. Bahwa putranya telah cukup dewasa untuk menentukan pilihan, dan tentu saja telah cukup memahami bagaimana agama mengajarkan.

Saya pada akhirnya pun paham, bahwa pernikahan memang bukan sekedar menyatukan dua orang, namun dua keluarga besar. Yang barangkali memiliki banyak sekali perbedaan. Maka di sinilah peran kedua orang tua kita mencari benang merah persamaan. Memastikan bahwa dia terlahir dari keluarga yang baik. Walaupun tidak pasti, tapi tentu saja orang baik kecenderungan terlahir dari keluarga yang baik.

Semakin hari saya pun juga kian memahami, karena nanti keluarga saya lah yang akan berhubungan intens dengan keluarganya. Tentu saja akan amat susah manakala dia orang baik-baik, sementara keluarganya kurang baik. Apalagi jika itu sebaliknya.

Jadi? Bersyukurlah jika orang tuamu banyak bertanya tentang hal ini. Sebab mereka bukah hanya kamu ingin dibersamai oleh orang baik. Namun juga oleh keluarga yang baik. 

Jakarta, 11 Oktober 2017
Mushonnifun Faiz S

Categories: Islam | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: