RahasiaNya

23 tahun mendapat kesempatan menghirup udara di dunia ini. Tanpa terasa saya sedang berada dalam fase di mana banyak sekali dinamika kehidupan terjadi. Banyak sekali kabar akhir-akhir ini yang bersileweran di timeline. Dari teman yang wisuda, melanjutkan S-2, menikah, bahkan meninggal menghadap illahi Rabbi tanpa disangka-sangka. Kesemuanya jika dinanti begitu lama, namun ternyata jika dilalui tanpa terasa begitu cepat.

Yang menjadi titik poin saya di sini adalah tentang kematian. Entah sudah beberapa kali menerima kabar, bahkan dari teman-teman dekat yang pernah berinteraksi secara intens dahulu. Ada yang karena sakit, kecelakaan, atau faktor yang lainnya. Kematian benar-benar misteri illahi. Kematian benar-benar datang siap ataupun tidak siap, kapanpun, dan di manapun. Bahkan ada seorang teman saya yang baru beberapa jam sebelumnya berkomunikasi dalam tawa, lalu tiba-tiba saja sudah tersebar bahwa yang bersangkutan tertimpa kecelakaan. Lantas, tidakkah itu cukup menjadi peringatan?

Masa-masa muda saat ini tentu saja kita mempersiapkan banyak hal. Yang ingin melanjutkan studi, ia siapkan segala berkas, bahasa pendukung, dan kesiapan tes lainnya. Yang ingin kerja, maka ia berlatih keras tes-nya. Yang ingin menikah, ia pantaskan diri. Tapi, adakah yang ingin meninggal? Tentu saja tidak ada, terlebih masih dalam usia muda. Dan karena ketidakinginan itulah malah acapkali melalaikan diri kita dari mempersiapkan.

Padahal jika gagal melanjutkan studi, masih ada alternatif karir yang lain. Jika gagal kerja, masih ada kesempatan lainnya. Jika gagal dalam menikah, maka itu berarti bukan jodoh yang ditakdirkan olehNya. Namun jika gagal dalam kematian kita, akankah ada waktu untuk mengulangi?

Justru itulah karena kematian barangkali adalah rahasiaNya yang paling rahasia. Sebab ia akan datang entah kita siap atau tidak siap. Maka bersiaplah, ingatlah setiap hari bahwa peluang itu ada. Jika kau futur, cukup teman-teman sekitarmu yang menjadi bukti

Categories: Journey | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: