Konsekuensi

Setiap manusia diberi kesempatan olehNya untuk memilih. Sudah tentu setiap pilihan ada konsekuensinya. Ada yang berat, ada yang ringan, ada yang barangkali tak ada sama sekali, walau nyaris tak mungkin.

Terkadang kita memilih yang ringan, namun ternyata jauh lebih berat dari yang kita bayangkan. Atau yang berat, bersengaja agar dapat mencari tantangan. Namun yang ada ternyata jauh dari apa yang telah diekspektasikan.

Maka sebab itulah, bagi saya, entah perencanaan itu begitu penting. Harus sangat banyak faktor a hingga z yang sudah seharusnya telah dipertimbangkan. Sebab sekali lagi, bahwa konsekuensi yang hadir seringkali justru diluar perkiraan. Selalu ada kejutan-kejutan dariNya yang tak pernah dipikirkan.

Namun yang terpenting, kamu bisa menanggung konsekuensi itu. Apapun. Bagaimana pun ia bis jauh diluar bayanganmu. Jauh lebih buruk dari kemungkinan terburuk yang telah kau rencanakan. Namun percayalah bisa saja itu adalah ujian dariNya agar kamu kuat melewati fase hidup selanjutnya. Jadi? Jangan lupa berdoa. Minta kepadaNya. Agar kamu senantiasa diberikan kekuatan.

Tetap saja yang menjadi pegangan adalah bahwa Allah tak akan memberi ujian kepada hamba-hambaNya melebihi batas kemampuan hambaNya. Jadi jangan takut. Jalani dengan penuh keikhlasan. Jalani sebagai sarana pembelajaran. Sebab ujian itu hadir biasanya ketika kita akan “naik kelas”. Sama, bisa saja Allah ingin menaikkan “kelas kita” di mataNya, dengan memberikan ujian terlebih dahulu.

Semoga dikuatkan 🙂

Categories: Renungan | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: