Tentang Menunggu

Ada fase di kala manusia harus menunggu. Sekeras apapun perjuangan yang telah dilakukan, pada akhirnya ia harus tetap menunggu akan hasil dari segala perjuangan. Lantas apakah kita akan berdiam diri? Ataukah hanya menanti tanpa aktivitas yang berarti?

Manusia boleh memilih. Ia boleh saja berhenti untuk melesat lebih jauh lagi. Tapi jika mungkin, mengapa harus berdiam diri? Bukankah sebaik-baik tempat perhentian hanyalah di surgaNya? Sebab Allah telah mengatur bahwa ada kalanya manusia mutlak menunggu, tanpa pernah mampu mengelak dari pemberhentian dariNya yang mutlak.

Adalah ketika manusia menapaki fase dalam kandungan bundanya. Ia hanya bisa menunggu, sembari barangkali berdoa kepadaNya pasca ruh ditiupkan ke dalam janin. Di sinilah peran ayah, bunda, dan lingkungan membentuk kecerdasannya. Akankah ayat-ayatNya yang senantiasa diperdengarkan, atau yang lainnya. Seberapa berkualitaskah makanan yang dikonsumsi bundanya, atau pilihannya ia akan terlahir dengan tak sempurna. Maka kamu tak bisa apa-apa lagi selain menunggu.

Lalu ketika kau beristirahat. Bukan di atas dipanmu, bahkan bukan pula di dunia. Tapi di liang lahat, tempat jasadmu dikebumikan. Sementara arwahmu terbang menuju hadapanNya. Jasadmu menunggu. Entah dalam siksaan atau bertabur cahaya. Arwahmu pun menunggu. Entah mendapat nikmat kubur atau siksa kubur. Dan di sinilah ketidakberdayaan kita akan menunjukkan sejelas-jelasnya. Kita hanya bisa menunggu, tersebab oleh segala perilaku selama hidup di duniaNya yang fana.

Dan keduanya telah cukup sebagai fase penungguan. Lalu, masihkah kita akan menambahnya lagi ? Sementara masih banyak urusan-urusan yang seyogianya diselesaikan. Jadi? Berusahalah agar menunggumu tak sekedar berdiam diri. Agar kau menunggu, sembari melakukan hal yang lain. Sebab hidup terlalu singkat jika kau habiskan untuk menunggu.

– Sedang Menunggu Kepastian –

Surabaya, 13 April 2017
21.42

Categories: Tulisan | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: