Menerima

Tentangnya, sudah tentu tidak mudah melakukannya. Apalagi jika kau telah berjuang sepenuh raga, menguras jiwa, sembari mengharap ridhaNya. Jika saja kita tak pernah merasa memilikiNya, sudah tentu kita takkan pernah menerima. Bahkan mereka yang jelas-jelas memilikiNya pun masih sering merasa tak terima.

Perjuangan terkadang tak sesuai yang diekspektasikan. Terkadang mudahnya langkah justru membawa ke dalam lengah. Susahnya medan juang justru tak jarang membuat menyerah. Berlari di dalamnya pun tak pernah, malah berjalan dengan terpapah-papah. Maka kepada Allah lah, sudah sepatutnya kita berserah.

KeputusanNya adalah mutlak, tak mungkin kita tolak. Manusia memang memiliki jalannya masing-masing, ia pun juga punya rencana. Tapi bukankah sebaik-baik perencana adalah Allah semata? Dan sinkronisasi atara rencanaNya dan rencana kita itulah yang seringkali menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Tapi kita adalah hambaNya, dan tak ayal kita harus menerimanya.

Yang perlu kita pahami adalah dengan menerima kita akan tak lagi sibuk menyalahkan Tuhan, menyalahkan orang lain, dan menyalahkan mereka diluar diri. Sebab manusia sudah seharusnya berintrospeksi. Jangan kau buang waktumu dengan ketidakpenerimaanmu. Ingatlah, masih ada orang di luar sana yang mendapat ujian dari Tuhan jauh lebih berat darimu. Ada pula yang justru diliputi kegagalan beratus kali hingga ia menemukan sebuah keberhasilan. Kamu masih belum sampai tahap itu, dan semoga tidak akan mengalaminya. Jadi, masih ada alasan untuk tidak menerima?

@faizunaa | 2017

Categories: Renungan | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: