Bagaimana Jika yang Kita Perjuangkan itu Sama?

Bukankah wajar ketika banyak kita menemui perbedaan di dalam berjalan? Sebab setiap orang memiliki jalannya masing-masing. Jalan yang sesungguhnya ia tak pernah sendiri dalam menentukan. Terlihat sendiri padahal ada Dzat yang menggerakkan. Namun seringkali justru kita melupakan, seolah merasa tak ada yang membersama. Padahal Dia selalu ada, tanpa pernah kita minta.

Maka bolehlah aku sebut bahwa Dia adalah sebaik-baik perencana. Sekarang kita berjarak, namun tak ada yang pernah tahu tentang berapa, seberapa jauh, bahkan barangkali justru kita tak berjarak. Ia lahir bukan dari sebuah frasa nyata, namun justru karena rasa. Ia bisa terasa tak ada padahal sesungguhnya sedang tak berjarak. Atau ada, padahal sesungguhnya terpisah oleh masa. Jarak tetaplah menjadi misteri yang tak terpecah hingga takdirNya membuncah.

Jadi sekarang harus bagaimana. Muncul sebuah pertanyaan yang kita tahu sering tak mampu menjawabnya. Padahal kita telah sama-sama melakukan jawabannya. Cukuplah keyakinan yang menjawabnya dan perjuangan yang melakukannya, serta doa yang melapisinya. Bukankah tetap Dia sebaik-baik penjawab doa?

Pada akhirnya kita sadar. Bahwa yang kita perjuangkan sama. KeridhaanNya adalah jembatan yang kan memecah jarak, menjadi pecahan-pecahan kebaikan yang semoga menghantarkan kita ke surgaNya. Jika sudah sama, mengapa kita harus berjalan ? Mengapa kita tidak berlari atau bahkan terbang?

Jadi, pahamilah bahwa kesamaan tetaplah tak selamanya sama. Jika sudah sama setidaknya ada dua pilihan. Kepastian atau pilihan. Karena terkadang kesamaan mampu membuahkan kepastian, namun seringkali justru pilihan. Manusia sering mencari kesamaan sebagai alasan untuk mengancur jarak. Namun tak sedikit yang justru memperoleh perbedaan sebagai penyempurna. Sementara mereka yang mencari perbedaan justru memperoleh kesamaan sebagai pembersama.

Selamat berjuang, setidaknya kita telah berusaha 🙂

Categories: Tulisan | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: