Berhenti Sejenak

Seminggu terakhir ini saya kondisi kesehatan saya sedang tidak baik. Pasca menghadiri pernikahan senior di Yogyakarta minggu lalu, entah karena kelelahan atau memang musimnya saya terkena demam dan batuk-batuk. Akhirnya perencanaan untuk mencoba fokus intensif IELTS di rumah berantakan dan tidak bisa optimal.

Tapi Allah barangkali yang paling tahu apa yang terbaik. Momentum sakit terkadang kita jadikan untuk banyak beristirahat, sebab saya sadari terkadang tujuan besar serta impian yang ingin dicapai membuat kita berlupa akan makna “beristirahat”. Maka dengan sakit ini, Allah mengingatkan secara halus agar kita beristirahat sejenak.

Terkadang kita tidak sadar bahwa raga pun memiliki waktu tersendiri untuk beristirahat. Sebagaimana jiwa yang kita istirahatkan dalam lima kali sehari 17 rakaat mengahadapNya. Mesin pun butuh istirahat, walaupun manusia bukan mesin dan manusia jauh lebih canggih dari mesin, tapi keduanya sama-sama tercipta atas kehendakNya. Sebab hanya Dia-lah saja yang tak butuh istirahat dalam mengawasi hamba-hambaNya.

Berhenti sejenak terkadang membuat rencana-rencana yang sudah tertulis tertunda. Namun penundaan tak selamanya berdampak buruk bukan? Justru terkadang dengan berhenti kita bisa jauh melesat lebih cepat. Seperti batu yang kita tarik dengan ketapel. Ia berhenti sejenak dalam tarikan kita. Setelah itu yang terjadi kala kita lepas, ia melesat. Jauh lebih cepat, jauh lebih keras.

Categories: Renungan | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: